Kamis, 22 Maret 2012

KURIKULUM SDN KALILEMBU


 KATA PENGANTAR


Puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan karunia-Nya, sehingga penyusunan kurikulum Sekolah Dasar Negeri Kalilembu Tahun Pelajaran 2011 / 2012 ini telah dapat diselesaikan.

Kurikulum ini merupakan panduan penyelenggaraan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Kalilembu Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan pada Tahun Pelajaran   2011 / 2012 pada semua jenjang kelas ( Kelas I – VI )

Kurikulum yang kami susun masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kritik dan saran Konstruktif senantiasa kami harapkan dari semua pihak yang berkepentingan.

Semoga Kurikulum Sekolah Dasar Negeri Kalilembu Tahun pelajaran 2011 / 2012 ini dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan pada umumnya dan peningkatan prestasi peserta didik pada khususnya.




Tim Penyusun






DAFTAR ISI


Halaman Judul--------------------------------------------------------------------------------------------------i
Halaman Pengesahan ---------------------------------------------------------------------------------ii
Tim Penyusun Kurikulum----------------------------------------------------------------------------.-iii
Kata Pengantar -------------------------------------------------------------------------------------.-iv
Daftar Isi ---------------------------------------------------------------------------------------------v
BAB I             :           PENDAHULUAN                                                                                         1
A.                Latar Belakang                                                                                  1
B.                 Landasan Penyusunan Kurikulum                                                      2
C.                 Tujuan Penyusunan Kurikulum                                                          2
D.                Prinsip Pengembangan Kurikulum                                                     2
BAB II                        :          VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH                                           5
A.                VISI                                                                                                 5
B.                 MISI                                                                                                5
C.                 Tujuan Sekolah                                                                                5
BAB III          :           STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM                                            6
                                    A.        Struktur Kurikulum                                                                             6                                  B.        Muatan Kurikulum                                                                              8                                  1.            Mata Pelajaran                                                                                    9                                              a. Pendidikan Agama                                                                        9
                                                b. Pendidikan Kewarganegaraan                                                     10                                               c. Bahasa Indonesia                                                                         11                                               d. Matematika                                                                                      12
                                                e. Ilmu Pengetahuan Alam                                                               13
                                                f. Ilmu Pengetahuan Sosial                                                              13
                                                g. Seni Budaya dan Ketrampilan                                                     14
                                                h. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan                           15                                   2.         Muatan Lokal                                                                                   16                                               a. Bahasa Jawa                                                ..                         16





                                                b. Bahasa Inggis                                                                           29
                                                c. Baca Tulis Al Qur’an                                                                36
3.         Kegiatan Pengembangan Diri                                                        42
                                                a. Pengembangan Diri Bidang Agama Islam                                   42
                                                b. Seni Tari                                                                                   42
                                                c. Pramuka                                                                                   42
                                                d. Olahraga                                                                                   43
                                                e. Drumband                                                                                 43
                                                f. Rebana                                                                                       43
                                    4.         Beban Belajar                         .                                                      44
                                    5.         Ketuntasan Belajar                                                                         44
                                    6.         Kriteria Kenaikan dan Kelulusan                                                    46
                                    7.         Pendidikan Kecakapan Hidup ( Life Skill )                                     46
                                    8.         Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global                        46
BAB IV          :           KALENDER PENDIDIKAN                                                                     47
                                    Semester I                                                                                                 47
                                    Semester II                                                                                                47
                                    Perhitungan Hari Besar Efektif                                                                   50
                                    Jadwal Pelajaran                                                                                       51
LAMPIRAN – LAMPIRAN :
                                    Silabus – Dokumen terpisah
                                    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) – Dokumen terpisah

BAB  I
P E N D A H U L U A N


A.        Latar Belakang
           
            Perubahan paradikma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran – pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan – perubahan kebijakan.
            Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional pada Pasal 36 Ayat ( 2 ) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkan apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing – masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 bahwa kurikulum Satuan Pendidikan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi  lulusan serta berpedoman pada panduan  dari Badan Standar  Nasional Pendidikan.
            Kurikulum Sekolah Dasar Negeri Kalilembu dkembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh suatu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan serta dengan bimbingan dari nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran dari Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah.
            Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuh dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran,  baik dikelas maupun diluar kelas, hendaknya berlangsung efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulum ( guru ) yang anak membumikan kurikulum ini pada proses pembelajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikan bagi anak, sehingga anak betah disekolah.
Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan kreativitas anak, demokratis, menentang, menyenangkan, dan mengasyikan. Dengan spirit seperti itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan  dan pengajaran di Sekolah Dasar Negeri Kalilembu.
B.        Landasan Penyusunan Kurikulum
1.         Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional
1.1  Pasal 36 ayat 2
“Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversivikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik “
1.2  Pasal 38 ayat 2
“Kurikulum pendidikan dasar dan menenganh dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite  sekolah / madrasah dibawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor depeartemen agama kabupaten / kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah ”
2.         Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional,       Pasal 17 ayat 1 :

            “ Kurikulum tingkat SD / MI / SDLB,  SMP / MTs / SMPLB, SMA / MA / SMALB, SMK, MAK, atau bentuk lain yang sederajat dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah  / karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan peserta didik”
3.         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 6 tahun 2007 : Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006, yang berbunyi :
            “ Satuan pendidikan dapat mengadopsi atau mengadaptasi model kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah yang disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional bersama dengan unit terkait “

C.        Tujuan Penyusunan Kurikulum
            Kurikulum Sekolah Dasar Negeri Kalilembu disusun dengan tujuan :
Ø   Sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah
Ø   Menjadikan kurikulum lebih sesuai dengan kebutuhan setempat
Ø   Menciptakan suasana pembelajaran di sekolah yang bersifat mendidik, mencerdaskan, dan mengembangkan kreativitas siswa
Ø   Menciptakan pembelajaran yang efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikan.

D.        Prinsip Pengembangan Kurikulum
            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok  atau satuan pendidikan dibawah koordinasi dan supervisi  dinas pendidikan atau kantor departemen agama  kabupaten  /  kota  untuk  pendidikan  dasar  dan
provinsi untuk pendidikan menengah. Pengembangan KTSP mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah / madrasah. Penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus koordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi,  dan berpedoman pada standar isi dan standar kompetensi lulusan dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP.
            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  ( KTSP ) dikembangkan dengan prinsip – prinsip sebagai berikut :
1.                  Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan potensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan pembelajaran berpusat  pada peserta didik.

            2.         Beragam dan terpadu
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial, ekonomi, dan jender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi.

            3.         Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman  belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

4.                  Relevan dengan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan       ( stakeholders )    untuk    menjamin    relevansi    pendidikan    dengan   kebutuhan
kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha, dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan ketrampilan pribadi, ketrampilan berfikir, ketrampilan sosial, ketrampilan akademik, dan ketrampilan vokasional merupakan keniscayaan.

            5.         Menyeluruh dan berkesinambungan
            Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan, dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan.

            6.         Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan pada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.
Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur – unsur pendidikan formal, non formal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.

            7.         Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepeningan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka      Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )

BAB II
VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH

A.                               Visi Sekolah
Unggul dalam Mutu
Tinggi dalam Prestasi
Mutlak dalam berakhlak

B.                               Misi Sekolah
1.         Meningkatkan mutu pembelajaran dan bimbingan untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal
2.         Meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tercipta insan yang agamis dan berbudi pekerti yang luhur
3.         Mengembangkan dan melestarikan seni budaya dan olahraga
4.         Menciptakan suasana yang kondusif agar tercapai peningkatan mutu dan potensi siswa

C.       Tujuan Pendidikan
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar yaitu dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sedangkan secara khusus, sesuai dengan visi, misi sekolah, serta tujuan Sekolah Dasar Negeri Kalilembu
Pada akhir tahun pelajaran 2011/2012, sekolah mengantarkan siswa didik untuk :
a.       Meningkatkan hasil Prestasi siswa disemua bidang.
b.      Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan siswa secara optimal sesuai bakat yang dimiliki.
c.     Siswa mampu menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan.
d.      Memiliki jiwa dan sikap toleransi hidup berbangsa, bernegara dan beragama serta melaksanakan ibadah sesuai perintah agama yang dianutnya

BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM


  1. Struktur Kurikulum

            Peraturan pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan            pasal 6 ayat  (1 ) menyatakan bahwa struktur dan muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan     ( KTSP ) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi lima kelompok mata pelajaran, sebagai berikut :
1.                  Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2.                  Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3.                  Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4.                  Kelompok mata pelajaran estetika
5.                  Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan