Senin, 14 Mei 2012

silabus kls 6 smt 1


SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Seni Budaya dan Keterampilan / Seni Rupa
Kelas                              : III  /  1
Tahun Pelajaran             : 2010 / 2011

Standar

Kompetensi

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Alokasi
Waktu
Penilaian
Sumber
Bahan
Jenis Tagihan
Bentuk
Tes

SENI RUPA
1.    Mengapresia- sikan karya seni rupa.


















1.1  Menjelaskan simbul dalam karya seni rupa dua dimensi.






1.2  Menunjukkan sikap apresiasif tehadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi.



-     Jenis, makna simbol unsur rupa.






-     Obyek karya yang memiliki makna simbol unsur rupa.




-     Mengidentifikasikan ber bagai jenis simbol dari ragam hias.

-     Menjelaskan bebagai makna simbol warna dari ragam hias, pada karya seni rupa dua dimensi.


-     Membandingkan berbagai jenis simbol karya seni rupa.

-     Mengidentifikasi berba gai makna simbol karya seni rupa.


1.1.1  Mengelompokkan berbagai jenis simbol dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan sekitar.
1.1.2  Menjelaskan berbagai mak na simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa dua dimensi.


1.2.1  Mengungkapkan perasaan nya atas berbagai jenis makna simbol karya seni rupa.
1.2.2  Menyampaikan secara lisan cerminan perasaanya atas berbagai makna simbol kar ya seni rupa.


2 jpl









2jpl



2jpl




Tes lisan



Tes lisan





Tes lisan



Tes lisan



Isian



Uraian





Uraian



Uraian


-   Kertangkes kelas III
-   Buku lain yang relevan.




2.  Mengekspresi- kan diri melalui karya seni rupa.


2.1  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri.



2.2  Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat.


-     Gambar Imajinatif






-     Gambar dekoratif


-     Membuat ragam hias dari perpaduan simbol warna dalam karya seni rupa.
-     Mengekspresikan diri da lam gambar imajinatif.


-     Membuat gambar dekora tif dari perpaduan simbol warna.



-     Terampil menempelkan bahan dalam obyek sehingga menjadi karya seni yang indah.
-     Membuat mainan dari bahan bekas yang ada disekitar.


2.1.1 Membuat komposisi warna dari perpaduan simbol war na pada ragam hias.
2.1.2 Membuat gambar imajinatif mengenai diri sendiri mela lui karya seni rupa.


2.2.1 Membuat gambar dekoratif dari berbagai ragam hias yang di kembangkan dari simbol warna dan ragam hias berdasarkan unsur rupa.
2.2.2 Membuat kolase dari bahan di sekitar dengan gagasan berbagai objek.

2.2.3 Merakit berbagai jenis mainan dari bahan daur ulang / bahan lain.




3 jpl


3 jpl




2 jpl





2 jpl



2 jpl


Tes tertulis

Tes tertulis



Tes tertulis




Perbuatan



Perbuatan


Melukis


Produk




Produk





Produk



Produk



-   Kertangkes kelas III
-  Buku lain
   yang relevan.

SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Seni Budaya dan Keterampilan / Seni Musik
Kelas / Semester           : III  /  1
Tahun Pelajaran             : 2010 / 2011

Standar

Kompetensi

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Alokasi
Waktu
Penilaian
Sumber
Bahan
Jenis Tagihan
Bentuk
Tes

SENI MUSIK
3. Mengapresiasi kan karya seni musik.



3.1 Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana.




3.2Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik.



3.3Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu.








Macam-macam simbol nada lagu sederhana.



-     Simbol nada dengan elemen musik.


Simbol nada dengan tempo dalam lagu.







-     Mengidentifikasi berba gai simbol sederhana dari berbagai unsur musik dan bunyi.




-     Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik.




-     Mengidentifikasi tempo lambat, sedang dan cepat.


3.1.1     Menyebutkan simbol nada dalam lagu sederhana.
3.1.2.    Menyusun dan menunjuk kan pola melodi pendek dengan menggunakan sim bol musik secara visual dan gerak tubuh.

3.2.1 Membedakan kuat dan lemah nada dengan elemen musik.
3.2.2 Menyebutkan simbol nada dengan elemen musik.
3.2.3  Menunjukkan simbol nada dengan elemen musik.
3.3.1     Menyebutkan perbedaan simbol nada dengan tempo dalam lagu.
3.3.2     Membedakan tempo lam bat, sedang dan cepat dari lagu yang dipergunakan.
3.3.3     Menunjukkan kesesuaian tempo suatu lagu dengan gerakan atau tepukan.


2 jpl







2 jpl






4 jpl



Lisan Perbuatan






Lisan Perbuatan





Lisan Perbuatan



Bebas







Bebas






Bebas




-   Buku yang relevan.
-   Buku Kertangkes kelas III Pengalaman guru

-   Buku yang relevan.
-   Buku Kertangkes Kelas III Pengalaman guru
-   Buku yang relevan.
-   Buku Kertangkes Kelas III Pengalaman guru.


4. Mengekspresi -kan diri melalui karya seni musik.




4.1 Memainkan alat musik ritmis sederhana.






4.2 Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.





-     Alat musik ritmis sederhana.






-     Lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.





-     Memainkan alat musik ritmis.







-     Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.


4.1.1     Memperagakan berbagai cara memainkan alat musik ritmis.
4.1.2     Mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
4.1.3     Mempertunjukkan karya mu sik kepada anggota kelas lain dengan bermain musik.
4.2.1     Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar dihadapan anggta kelas lain.
4.2.2 Menyajikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair dihadapan anggota kelas lain.
4.2.3 Menyanyikan lagu daerah dengan syair yang benar dihadapan anggota kelas lain.
4.2.3 Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar dihadapan anggota kelas lain.


4 jpl








6 jpl


Lisan Perbuatan







Lisan Perbuatan


Bebas








Bebas


-   Buku yang relevan.
-   Buku Kertakes Kelas III Pengalaman guru.


-   Buku yang relevan.
-   Buku Kertangkes Kelas III Pengalaman guru.


SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Seni Budaya dan Keterampilan / Seni Tari
Kelas / Semester           : III  /  1
Tahun Pelajaran             : 2010 / 2011

Standar

Kompetensi

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Alokasi
Waktu
Penilaian
Sumber
Bahan
Jenis Tagihan
Bentuk
Tes

SENI TARI
5.    Mengapresia- sikan karya seni tari.



Menjelaskan simbol dalam seni tari.




-   Unsur-unsur tari dan perpaduan nya.



1.    Menjelaskan arti atau makna gerak maknawi.
2.    Memberi contoh deng an peragaan.
1.    Menjelaskan arti atau makna gerak murni.
2.    Memberi contoh
dengan peragaan


5.1.1 Menjelaskan gerak maknawi


5.1.2 Menjelaskan gerak murni.




2 jpl




-   Lisan
-   Tertulis


-   Lisan
   Tertulis


Praktek



Praktek


Buku KTK Kelas III
Penerbit Erlangga



5.2  Menunjukkan 
       Sikap apresiatif terhadap symbol yang terkandung
       dalam karya
       seni tari
       berdasarkan
       pengamatan
       terhadap
       pertunjukkan.

-   Unsur-unsur tari dan per paduannya.









1.    Menjelaskan makna gerakan-gerakan yang gemulai.
2.    Memberi contoh dengan peragaan.

1.    Menjelaskan makna gerakan patah-patah.
2.    Memberi contoh dengan peragaan.

5.1.1      Menjelaskan makna   gerkan yang gemulai.




5.1.2      Menjelaskan makna gerakan yang patah-patah.

4  jpl

-   lisan
-   peragaan




-   lisan
   Peragaan

Praktek





Praktek

-   Buku KTK Kelas III
   Penerbit   
   Erlangga

6.    Mengekspre-sikan diri melalui karya seni tari.


 Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema tanpa iringan.


-  Tanggapan 
   terhadap 
   keragaman
   unsur tari.


1.    Menjelaskan macam-macam bentuk tari.
2.    Memberi contoh dengan peragaan macam-macam
1.    Menjelaskan makna pola lantai pada sebu ah tarian.
2.    Memberi contoh pola lantai pada gerak tari secara individu.
1.    Mengidentifikasi macam-macam properti pada masing-masing bentuk tari.
2. Menjelaskan cara 
       peng gunaannya
       masing-masing
       properti tari.

6.1.1 Memilih bentuk tari yang
          sesuai.



6.1.2      Menjelaskan makna pola lantai.




6.1.3      Memilih properti yang  sesuai dengan bentuk tema tari tanpa iringan.



6 jpl

- Lisan
-Tertulis



Peragaan







Peragaan







Pilihan ganda



Praktek








Praktek







-   Buku KTK
    Kelas III
    Penerbit
    Erlangga


       Menyajikan tarian pendek bertema tanpa iringan


Tanggapan terhadap keragaman unsur tari.

1.    Memilih bentuk tarian pendek.
2.    Memperagakan tarian pendek secara
       individu dengan suasana tenang.
1.    Memilh bentuk tarian yang gembira atau lucu.
2.    Memperagakan  tarian pendek secara
      individu dengan suasana gembira atau
      lucu.


1.    Memilh bentuk tarian
       yang tenang dan gembira.
2.    Memperagakan taria pendek secara individu dengan suasana tenang dan gembira.

6.2.1  Memperagakan karya tari pendek dengan suasana tenang.



6.2.2 Memperagakan karya tari an pendek dengan sua sana gembira atau lucu.





6.2.3Memperagakan karya tarian pendek dengan suasana tenang dan gembira.

6 jpl

Peragaan






Peragaan







Peragaan

Praktek






Praktek







Praktek







SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Seni Budaya dan Keterampilan / Keterampilan
Kelas / Semester           : III  /  1
Tahun Pelajaran             : 2010 / 2011

Standar

Kompetensi

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Alokasi
Waktu
Penilaian
Sumber
Bahan
Jenis Tagihan
Bentuk
Tes

KETERAMPILAN
7.    Membuat benda
yang dapat di  gerakkan oleh angin secara sederhana


Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakan oleh angin


Bebagai bahan alat dan cara pembuatan model benda bergerak oleh angin


1.Mendengarkan 
   penjelasan guru
2.Membedakan benda yang dapat bergerak dan tidak dapat bergerak oleh hembusan angin
3.Melakukan percobaan satu persatu di depan kelas dengan bimbingan guru


7.1.1      Membedakan benda yang dapat dirgerakan  dan tidak dapat digerakan oleh angin
7.1.2      Menentukan bahan dan alat yang dapat dipakai untuk membuat suatu rangkaian produk keterampilan yang dapat digerakan oleh angin



4  jpl


Lesan
Perbuatan



Unjuk kerja


Lingkungan sekitar dan pengalaman guru


7.2 Merancang benda yang dapat dierakkan oleh angin dari bahan kertas

Berbagai bahan, alat dan cara dari pembuatan model benda yang digerakan oleh angin

1.Mendengarkan penjelasan guru
2.Menyiapkan bahan dan alat yang lengkap
3.Mengelompokkan benda yang akan dibuat

7.2.1      Mengidentifikasi bahan, alat dan benda yang dapat digerakkan oleh angin.
7.2.2      Mengelompokkan benda yang dapat digerakkan oleh angin berdasarkan proses kerjanya


4  jpl

Lesan
Perbuatan

Unjuk kerja

Lingkungan sekitar dan pengalaman guru















Standar

Kompetensi

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Alokasi
Waktu
Penilaian
Sumber
Bahan
Jenis Tagihan
Bentuk
Tes




7.3  Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana

Berbagai bahan, alat dan cara dari pembuatan model bergerak oleh angin

-          Mendengarkan penjelasan guru
-          Menyiapkan bahan
-          Melakukan kerja
-          Mengambil kesimpulan

7.3.1 Menceritakan cara membuat model benda yang dapat digerakkan oleh angin

7 jpl


lesan
perbuatan
hasil karya

Unjuk kerja

Lingkungan sekitar dan pengalaman guru




Tidak ada komentar:

Posting Komentar